Kumpulan Makalah Makalah Terbaik dan Trik Trik Menarik

Saturday 3 December 2016

Cara Menjadikan Flashdisk Sebagai USB Bootable


Setelah kemarin saya post sebuah artikel  tentang bagaimana cara masuk ke dalam bootable dalam semua merk laptop dan notebook. Sekarang kelanjutannya yaitu bagaimana cara menjadikan flashdisk sebagai usb bootable.


Kalian semua pasti tahu apa itu windows, ya pastinya tahu lah kalau kalian yang mempunyai laptop maupun notebook. Karena windows adalah sebuah system yang menjalankan sebuah laptop maupun notebook. Windows itu bisa di ibaratkan seperti kalau di hp itu seperti android. Ya begitulah sekiranya, tanpa basa basi lagi yuk kita langsung meluncur ke TKP bagaimana cara menjadikan flashdisk sebagai usb bootable.
Agar tidak mengganggu jalannya pengebootan siapkan peralatan peralatan di bawah ini sebelum memulai proses pengebootan.
·        Flashdisk 4, 8, 16, 32 GB
·        Aplikasi pembuat bootable
-    Rufus (yang tidak punya aplikasinya silahkan download klik disini)
-    Yumi (yang tidak punya aplikasinya silahkan download klik disini)
·        File ISO windows
Jika kalian belum mempunyai file ISO nya silahkan download sendiri  filenya klik disini link tersebut mempunyai banyak pilihan tentang windows antara lain: win 7, 8, 8.1, 10 winXp.
Masukkanlah flashdisk yang kalian punya, saran saya si kalau bisa yang 8 GB atau lebih agar tidak terjadi kesalahan ketika menjadikan flashdisk sebagai usb bootable. Kenapa ko 8 GB atau lebih, ya karena agar ketika kita mau menjadikan bootable usb ruang yang tersedia itu masih banyak untuk di jadikan tempat penyimpanan file bootable nya.
Download aplikasi pembuat bootable untuk usb, biasanya kalau hanya 1 windows saja saya biasanya menggunakan rufus karena cara menggunakannya yang mudah. Kalau kalian mau mengeboot windowsnya lebih dari satu maka gunakanlah yumi, jika kalian suka tantangan pilih aja yumi karena kalau menurut saya itu agak rumit sedikit lah ketimbang dengan rufus. Jika sudah buka aplikasi yang sudah kalian download tadi, untuk kali ini saya akan mencontohkan menggunakan rufus.
  1. klik 2x aplikasi rufusnya
  2. selanjutnya nanti akan terlihat sebuah gambar seperti dibawah ini.

  3. setelah sudah keluar gambar di atas selanjutnya klik tulisan FreeDOS dan ganti menjadi ISO Image.
  4. setelah di ganti selanjutnya klik samping kanan gambar yang tadi di ganti menjadi ISO Image.
  5. setelah di klik nanti akan keluar sebuah kotak lalu cari file iso kalian yang mau di jadikan bootable. Setelah ketemu klik filenya lalu klik open.
  6. nanti semuanya akan berubah seperti gambar dibawah ini.
  7. setelah semuanya berubah sesuai dengan gambar diatas selanjutnya klik tulisan start pada bagian bawah kotak. Nanti rufus akan memproses flashdisk kalian menjadi bootable. Tunggu sampai finish prosesnya kira kira sekitar 10 menit an.
  8. ketika sudah selesai, klik tulisan close yang berada disamping tulisan start. Sudah deh flashdisk anda sekarang sudah menjadi usb bootable.
ya begitulah sebuah ulasan sedikit tentang bagaimana cara menjadikan flashdisk menjadi usb bootable, apabila kalian masih kurang atau belum bisa silahkan lihat videonya.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Tentang Saya

Saya adalah seorang manusia yang berperilaku biasa dan saya dilahirkan juga oleh keluarga yang biasa. saya adalah seorang muslim. sejak kecil saya selalu di bekali ilmu agama oleh kedua orangtua saya secara intensif dari pagi sampai malam tetapi tetap menyenangkan. saya mempunyai hobi yang lucu yaitu berkarya. Dan saya juga suka apa yang berhubungan dengan sepakbola.
Powered by Blogger.

Translate